Pendaftaran Petugas Pemetaan dan Pemutakhiran Wilayah Kerja Statistik 2019 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Indragiri Hilir

Hari kerja Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Indragiri Hilir pada hari Senin - Kamis (08.00 - 15.00) dan Jum'at (08.00 - 15.30)

Badan Pusat Statistik Kabupaten Indragiri Hilir Berkomitmen "NO GRATIFIKASI" Demi Mewujudkan Pemerintah Yang Bersih dan Bebas KKN

Pendaftaran Petugas Pemetaan dan Pemutakhiran Wilayah Kerja Statistik 2019

Pendaftaran Petugas Pemetaan dan Pemutakhiran Wilayah Kerja Statistik 2019

18 Februari 2019 | Kegiatan Statistik Lainnya


Sensus Penduduk (SP) 2020 adalah sensus penduduk ke-7 sejak Indonesia merdeka. Sejak tahun 2018, persiapan SP2020 sudah dilakukan. Salah satunya adalah melaksanakan penyusunan dan pengembangan kerangka induk. Kerangka induk yang lengkap, akurat, relevan, dan mutakhir pada wilayah kerja statistik (wilkerstat) akan dijadikan sebagai dasar perencanaan dan pelaksanaan sensus dan survei BPS. Wilkerstat terdiri dari provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa/kelurahan dan blok sensus (BS).  Kerangka induk yang dibuat BPS selama ini terdiri dari peta dan muatan BS.Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pengembangan kerangka induk terus dilakukan. Pada prinsipnya, kerangka induk yang dibangun adalah untuk memenuhi kebutuhan kegiatan sensus dan survei BPS yang menggunakan berbagai macam metode statistik.


Tahun 2018, Kegiatan Penyusunan Peta Dasar dan Informasi Muatan Wilkerstat SP2020 telah menghasilkan peta dasar SP2020 yang terdiri dari peta desa/kelurahan dan BS. Selain itu juga telah dilakukan ground check/ground truth pada BS terpilih. Tahun 2019, peta dasar tersebut akan digunakan dalam kegiatan Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP2020. Peta dasar ini akan dilengkapi dengan informasi satuan lingkungan setempat SLS (RT/RW).  Pelaksanaan Kegiatan Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP2020 dilakukan di seluruh desa. Kegiatan ini terdiri dari dua tahapan, yaitu tahap pertama kegiatan Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat, serta tahap kedua kegiatan Pengolahan Peta dan dokumen muatan wilkerstat.

Pada tahap pertama, Kegiatan Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat merupakan kegiatan lapangan. Kegiatan ini dilakukan dengan membawa print out peta dasar untuk melakukan penggambaran batas SLS dan batas desa/kelurahan dilapangan. Selain itu, petugas dibekali dengan Aplikasi Wilkerstat (mobile) untuk memastikan posisi dan lokasi SLS, serta pengambilan foto dan titik koordinat landmark batas SLS dan infrastruktur desa/kelurahan. Selanjutnya, petugas akan menghitung muatan SLS pada wilayah BS yang menjadi beban tugasnya.

Prosedur dan Informasi Terkait Pendaftaran Calon Petugas

Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilayah Kerja Statistik (Wilkerstat)

 

A. Jadwal (Ralat)

  1. Pengumuman : tanggal 15 - 18 Februari 2019
  2. Mitra mendaftar : tanggal 18 – 24 Februari 2019
  3. Pengumuman seleksi tahap 1 : tanggal 1 Maret 2019 (inhilkab.bps.go.id)
  4. Tahap 2 : tanggal 3 – 4 Maret 2019 (online)
  5. Pengumuman kelulusan tahap 2 : tanggal 11 Maret 2019 (inhilkab.bps.go.id)
  6. Tahap 3 Wawancara dan berkas : (tentatif di masing2 kecamatan)
  7. Pengumuman akhir : tentatif (inhilkab.bps.go.id)
  8. Pelatihan petugas : 3 hari efektif (25  Maret 2019 – 12 April 2019)
  9. Pelaksanaan lapangan : 22 April 2019 – 22 Mei 2019

 

B. Syarat Petugas:

  1. Mitra yang mendaftar melalui aplikasi “bpsmitra”
  2. Pendidikan minimal SLTA/sederajat
  3. Usia maksimum 50 tahun
  4. Bisa membaca peta, baik peta sketsa maupun peta digital (contoh: Google Maps)
  5. Memiliki smartphone Android minimum versi 5, dengan GPS internal  dan kapasitas (free) internal storage yang tersedia minimal 1 GB, kapasitas RAM 2 GB
  6. Terbiasa menggunakan aplikasi berbasis Android
  7.  Memiliki atau menguasasi kendaraan bermotor
  8. Bisa bekerja dalam Tim
  9. Memiliki rekening pribadi yang aktif
  10. Bersedia bekerja lintas desa/kelurahan
  11. Jika PNS/honorer, harus mendapat izin dari atasan dengan bukti berupa izin tertulis.
  12. Mengikuti Pelatihan Pemetaan dan Muatan BS

 

C. Warning
  1. Calon petugas terpilih TIDAK untuk diangkat menjadi CPNS atau P3K
  2. Tidak dipungut biaya (gratis)
  3. Hati-hati penipuan yang mengatasnamakan BPS Kabupaten Indragiri Hilir
  4. Keputusan Panitia tidak bisa diganggu gugat.

 

D. Beban Petugas:

Rata-rata beban tugas pemeta BS adalah: 10 BS

 

E. Tata Cara Pendaftaran

Tahap I

  1. Download aplikasi registrasi melalui  
  1. Registrasi melalui aplikasi “bpsmitra”
  2. Pada pertanyaan 16 Tes GPS location pastikan GPS dalam kondisi aktif dan benar benar dites (klik tombol Tes GPS), usahkan berada diluar ruangan (mempengaruhi akurasi GPS)
  3. Kirim dengan cara klik “UPLOAD DATA” (pastikan ada paket)

 

Tahap II

 Peserta yang lulus tes tahap I akan dilanjutkan tes tahap II yaitu sebagai berikut:

1.   Mengisi form pernyataan dan tes pengetahuan

https://s.bps.go.id/1403_form_pernyataan



Tahap III 

 Peserta yang lulus tes tahap II akan dilanjutkan tes tahap III yaitu wawancara yang dilakukan oleh KSK/Staf yang ditunjuk (Tempat menyusul) dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Bagi PNS membawa surat izin atasan yang asli (format surat izin bisa didownload di : https://s.bps.go.id/1403_form_surat )
  2. Membawa surat pernyataan asli yang sudah ditandatangani (form terlampir atau bisa didownload di https://s.bps.go.id/1403_form_surat ) atau bisa diisi saat wawancara
  3. Membawa foto copy ktp dan ijazah

 


 


Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Indragiri Hilir(Statistics of Indragiri Hilir Regency)Jl. Praja Sakti (Bunga) No. 11 Tembilahan Hilir

Tembilahan. Telp (0768) 22489

Mailbox : bps1403@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik